-->

Acara Batagak Gala Suku Chaniago, ini Pesan Fauzi Bahar Ketua LKAAM Sumbar

Baca Juga

SUMBAR - 3 MEI 2023 - Acara Batagak gala atau melewakan gala merupakan amanah dan tanggungjawab untuk memajukan kaum, serta memajukan nagari dalam kapasitas membangun kampung halaman. Amanah ini juga terkait melestarikan nilai-nilai budaya, adat dan istiadat yang merupakan jatidiri dan rasa martabat kaum. 


Disisilain, saat ini godaan tantangan globalisasi semakin besar menghadang, jika tidak disikapi secara baik, tentunya akan membawa kehancuran terhadap nilai-nilai budaya, "jalan dialiah dek rang lalu, cupak dipapek rang panggaleh". Hal ini mesti diantisipasi sejak dini, ujar Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau Sumatera Barat (LKAAM Sumbar) DR. Fauzi Bahar, M.Si, Datuak Nan Sati, usai menghadiri acara prosesi batagak gala suku Chaniago Datuak Rajo Intan Nofion, Sdp. Msi di Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumbar.

Untuk itu, selaku Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar berpesan.

Kaluak Paku kacang balimbing, tampuruang lenggang lenggokan, baok manurun kasaruaso, tanam sarai jo ureknyo, anak dipangku kamanakan dibimbiang, urang kampuang dipatenggangkan, tenggang nagari jan binaso tenggang sarato jo adatnyo".


Kata-kata adat diatas berarti kaluak paku melambangkan tanggung jawab seorang laki-laki Minang yang memiliki 2 fungsi. Sebagai ayah dari anak-anaknya, dan sebagai mamak dari kemanakannya, ia harus membimbing dan mendidik anak dan kemenakannya sehingga menjadi orang yang berguna dan bertanggung jawab terhadap keluarga kaum dan nagari, harap Fauzi Bahar, mantan Walikota Padang dua periode, yang tengah bersiap menuju Senayan di 2024 mendatang.


Editor: Andarizal 


[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F