-->

Ukraina Tembakkan Bom Cluster ke Wilayah Belgorod Rusia

Baca Juga

KYIV - Ukraina menembakkan bom cluster atau munisi tandan ke sebuah desa dekat perbatasan Ukraina pada Jumat (21/7/2023). Akan tetapi, tidak ada korban atau kerusakan. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Provinsi Belgorod Rusia Vyacheslav Gladkov.

Serangan tersebut membuktikan Ukraina mengingkari janji kepada Amerika Serikat (AS). Bahwa, tidak akan menggunakan bantuan militer untuk menyerang wilayah Rusia.

Gubernur Gladkov membuat pernyataan pada hari Sabtu saat pengarahan harian di saluran Telegramnya, tanpa memberikan bukti visual. Tidak ada komentar segera dari pihak berwenang Ukraina.

“Di distrik Belgorod, 21 peluru artileri dan tiga munisi tandan dari sistem roket peluncuran ganda ditembakkan ke desa Zhuravlevka,” kata Gubernur Vyacheslav Gladkov, dilansir dari SindoNews.com. Ukraina menerima bom cluster dari Amerika Serikat bulan ini, tetapi telah berjanji untuk menggunakan hanya untuk mengusir konsentrasi tentara musuh.

Bom cluster itu berisi lusinan bom kecil yang menghujani pecahan peluru di area yang luas. Tetapi dilarang di banyak negara karena potensi bahaya yang ditimbulkannya bagi warga sipil. Ukraina telah berulang kali mengatakan penggunaannya akan terbatas pada medan perang. Wilayah Belgorod, yang berbatasan dengan Ukraina, telah berulang kali menjadi sasaran apa yang dikatakan Rusia sebagai penembakan membabi buta oleh angkatan bersenjata Ukraina.

Pada bulan Mei dan Juni, wilayah itu diguncang kekerasan setelah pejuang dari kelompok bersenjata pro-Ukraina melintasi perbatasan dan mulai berperang melawan pasukan keamanan Rusia.

Ukraina tidak mengklaim bertanggung jawab atas serangan di dalam wilayah Rusia dan membantah terlibat dalam serangan lintas batas. Sementara itu pada hari Sabtu di Crimea, gudang amunisi terbakar setelah serangan pesawat tak berawak Ukraina di semenanjung Laut Hitam, klaim gubernur yang ditunjuk Moskow di wilayah itu, menambahkan bahwa lalu lintas jalan di jembatan yang menghubungkan Krimea ke Rusia telah ditangguhkan.

Akibat drone musuh di distrik Krasnogvardeisky, terjadi ledakan di depot amunisi," kata pejabat Sergei Aksyonov di Telegram. "Keputusan diambil untuk mengevakuasi orang (hidup) dalam jarak lima kilometer (3,1 mil)" dari zona tersebut, katanya. Sejauh ini tidak ada kematian atau cedera yang dilaporkan, kata gubernur yang ditunjuk Moskow Aksyonov. Dia menambahkan bahwa perintah telah diberikan untuk mengevakuasi desa-desa terdekat

Crimea, yang dianeksasi oleh Moskow pada tahun 2014, telah menjadi sasaran di seluruh serangan Rusia di Ukraina tetapi telah mendapat serangan yang meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Video yang menunjukkan kebakaran besar dibagikan secara online dan di beberapa video, ledakan terdengar. Ada laporan awal tentang serangan terhadap depot bahan bakar.

Lalu lintas kereta api dilanjutkan setelah ditangguhkan sebelumnya, Aksyonov mengumumkan di Telegram. Rusia menuduh Ukraina melakukan serangan di jembatan itu. Namun, sementara para pejabat di Kyiv menyambut baik mereka, mereka menolak untuk bertanggung jawab. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pada hari Jumat bahwa jembatan itu adalah target yang sah karena merupakan jalur pasokan militer untuk Rusia.

Ini adalah rute yang digunakan untuk memberi makan perang dengan amunisi dan ini dilakukan setiap hari,” katanya. Pada hari Senin, jalan tersebut ditutup setelah serangan yang menewaskan dua orang. Jembatan itu baru saja kembali beroperasi penuh setelah rusak dalam ledakan bom Oktober lalu. **


[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F