-->

Proyek Irigasi DJ Amping Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi Sumbar Bawa Dampak Positif ke Petani Pessel

Baca Juga

SUMBAR – 6 SEPTEMBER 2023 - Pertanian merupakan sektor penting penunjang perekonomian suatu daerah, keberhasilan pertanian juga memiliki dampak besar terhadap ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk mencapai hasil pertanian yang optimal, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi melaksanakan Pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi DJ Amping Parak Kabupaten Pesisir Selatan.

Proyek bernilai: 1.624.779.483,00, no kontrak: 04.15/PJPA-SDA.BK/DAK/VI-2023, guna memastikan air yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien, membagi air secara merata, memberikan air ke petak-petak lahan sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan tanaman serta menghindari dampak negatif yang mungkin timbul akibat kelebihan air.

Bukan itu saja, proyek tanggal kontrak: 27 Juni 2023, tahun Anggaran 2023 dengan waktu pelaksanaan “Seratus Lima Puluh” hari kalender yang dikerjakan oleh Pelaksana CV. Vania Cipta Mandiri, dan Pengawas PT. Raissa Gemilang, menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung keberhasilan usaha tani dan pengembangan pertanian di Sumbar.


“Irigasi adalah usaha penyediaan dan pengaturan air secara buatan dari sumber air yang tersedia ke lahan pertanian. Air dialirkan secara teratur ke tanaman sesuai dengan kebutuhan petani, terutama ketika ketersediaan air di tanah tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan tanaman. Tujuan utama irigasi guna memastikan tanaman agar dapat tumbuh dengan subur juga baik,” ujar Adi Kampai (42) warga setempat saat ditemui awak media.


Adi juga mengatakan, dengan adanya sistem irigasi yang baik dan efisien, pertanian dapat meningkatkan produktivitas dan berkontribusi pada ketahanan pangan di Sumbar. Bahkan, dampak pembuatan irigasi bakal membuat petani sejahtera. Yang jelas keberadaan irigasi membuat dampak positif bagi Petani. "Atas adanya Proyek ini kami selaku masyarakat tidak lupa mengucapkan terimakasih ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, juga Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi Sumbar".  (An)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F