-->

Duo Pakar Jurnalis : Bersahabatlah Dengan Media, Jangan Sakiti

Baca Juga

Media masa tak bisa ditandingi oleh kekuatan lain apalagi diera globalisasi yang haus akan informasi, terutama “Media Online”, dalam hitungan menit bisa mengguncang seisi jagat raya, itu kata yang terlontar oleh dua orang pakar Jurnalis dari kota Padang Provinsi Sumatera Barat ini.

Dua Pakar Jurnalis, Taf Chaniago dan Yohandri Akmal.

Penulis : Taf Chaniago
Pembina Ikatan Keluarga Wartawan Republik Indonesia (IKW-RI) Sumbar

Seperti kita ketahui berbagai peristiwa dan kejadian dibelahan bumi dengan mudah bisa diakses publik, begitu cepat bergulirnya informasi di dunia internasional, berbagai peristiwa di Indonesia, khususnya Sumatera Barat dan Kota Padang.

Saat ini dapat dikatakan bahwa maju dan mundur sebuah daerah terletak pada peranan  media massa, baik elektronik, media online, cetak dan radio, sebab media massa ini adalah alat kontrol sosial yang mendasar, makanya bagi  pekerja di Media massa dimana saja dia tinggal disebut lapisan masyarakat pertama.

Kenapa Wartawan di Katakan sebagai lapisan masyarakat pertama tentu ada alasannya, karena ditengah masyarakat kehadirannya sangat di perlukan, kecerdasan, cepat tanggap, pintar dalam mengendalikan suasana, mudah bergaul dengan siapa saja, santun dan sopan serta memiliki kepribadian yang tangguh, pemberani, bertanggung jawab dan tidak pengecut. 

Masyarakat jangan sungkan-sungkan dengan pers, ada masalah yang susah untuk menyelesaikannya kasih info ke lapisan masyarakat pertama (wartawan) untuk mencarikan solusi dan jalan keluar suatu persoalan, baik masalah hukum, penganiayaan, kejahatan dalam rumah tangga atau proyek pemerintah yang tidak tidak sesuai dikerjakan dengan perencanaannya.

Diera ini masih banyak orang memandang ke hadiran pers dengan mata sebelah atau mata miring, ini penilaian yang salah, kalau tak ada wartawan tentu informasi yang akurat dan jelas tidak akan sampai ke publik.

Disamping itu, bila wartawan barsatu akan kuat, dan semakin kokoh, sebagai lapisan masyarakat pertama di negeri ini, dia akan seperti embun dapat melobangi batu keras dengan tetesan berasal dari embun menyatu menjadi air.

Perlu di ketahui Media massa juga dapat menghancurkan kekuatan besar bila kehadirannya di sakiti, dilecehkan dan bahkan di hina, tunggu saja waktunya.

Coba perhatikan para pemimpin yang sukses, mereka selalu dekat dengan media massa dan wartawannya, apapun kegiatan progran kerjanya selalu mengikutsertakan wartawan, tentu tujuannya untuk menyebarluaskan informasi yang akan dikerjakan ke masyarakat luas.

Ingat, Wartawan bisa menentukan maju mundur sebuah Kota atau Kabupaten, Provinsi bahkan sebuah negara, lewat penyebaran informasinya.

Bila ada pemimpin negeri ini, katakan tidak butuh dengan media massa atau dengan wartawan berarti pemimpin itu Dungu kata Rocky Gerung, sedang demam atau stress atau katakanlah pemimpin itu tidak mampu mengemban tugas sebagai pejabat negara.

Pemimpin yang sukses dan maju akan selalu melibatkan Pers sebagai mitra kerjanya di lapangan guna menyampaikan informasi kegiatan instansi yang digelar kepublik. (*)


[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F