-->

Kakanwil Kemenag Sumbar Ucapkan Terima Kasih Atas Kunjungan Komisi VIII DPR RI ke Pembangunan Asrama Haji

Baca Juga


Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri serahkan Proposal Pembangunan Asrama Haji Kab. Padang Pariaman Tahun 2021-2020 diterima oleh perwakilan Komisi VIII DPR RI Dapil Sumbar I, Hj. Lisda Hendrajoni.  

MPA, PADANG —Dalam rangka peningkatan peran UPT Asrama Haji Embarkasi Padang di Masa Pandemi Covid 19, rombongan anggota Komisi VIII DPR RI berkunjung ke UPT. Asrama Haji Embarkasi Padang diketuai, H. M. Ihsan Yunus, Rabu (26/08).

Dalam kunjungan tersebut Taufiq Abdullah selaku Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi padang mengucapkan terimakasih atas silaturahmi yang dilakukan anggota Komisi VIII DPR RI. Kepala UPT juga melaporkan bahwa asrama Haji embarkasi padang baru mulai dibuka kembali sekitar lebih  kurang satu bulan di masa New normal dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Selanjutnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan anggota Komisi VIII DPR RI.

“Ini merupakan wujud Perhatian yang sangat besar dari komisi VIII, memberikan bantuan yang luar biasa untuk mewujudkan cita cita Sumatera Barat memiliki asrama haji yang representative dan lebih baik, yang akan melayani 7.775 orang jamaah haji gabungan Sumbar dan Provinsi Bengkulu,” ujar Kakanwil.

Kakanwil menjelaskan latar belakang pengembangan embarkasi Padang di Kab. Padang Pariaman, yakni; Keterbatasan lahan Asrama Haji yang berada di Kota Padang dimana sekarang hanya 30.511 M2 atau 3,5 hektar

Sesuai amanat undang undang tentang pelayanan haji dan umrah, maka pemerintah diamanahkan terhadap 3 hal yaitu, pelayanan, pembinaan, dan perlindungan. Maka salah satu memberikan  pelayanan yang maksimal yang akan mempengaruhi indeks pelayanan haji maka diperlukan gedung asrama haji yg representative, embarkasi yang mampu membuat jamaah haji menjadi senang, puas dan bahagia.

Berlatar hal tersebut maka tepat rasanya perlu ada pengembangan asrama haji embarkasi padang di Kab. Padang Pariaman. Lokasi yang ramai sehingga sulit melakukan pengembangan, lokasi yang jauh dari keramaian dan jauh dari bandara juga melatar belakangi adanya pengembangan asrama haji embarkasi padang.

Kakanwil melaporkan, Asrama haji embarkasi padang telah dibangun secara bertahap semenjak tahun 2015. Pada tahun 2015 itu objek pembangunan struktur gedung kantor, struktur masjid, struktur gedung serbaguna, struktur gedung asrama. Pada tahun 2018 dilanjutkan pembangunan gedung asrama H-1. Pada tahun 2019 dilanjutkan pembangunan gedung C (serbaguna), dan pada tahun 2020 dilanjutkan pembangunan gedung A (Kantor), gedung B (Mesjid), pekerjaan utilitas, dan pekerjaan site development. Sementara untuk tahun 2021-2020 akan dilaksanakan pembangunan gedung asrama H-2, gedung asrama H-3, gedung E (ruang makan), gedung D (gudang), utilitas, Site Development, dan landscape.

Sementara ketua tim anggota Komisi VIII DPR RI, H. M. Ihsan Yunus dalam sambutannya menyampaikan, kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka Ingin mengetahui langkah yang telah dilakukan UPT Asrama Haji dalam meningkatkan pelayanan kepada Jamaah Haji secara khusus dan kepada masyarakat secara umum.

Komisi VIII dengan Kementeria Agama tahun lalu sudah menyetujui anggaran 2020 untuk pembangunan asrama haji yang di Padang Pariaman dan di Padang. Namun dengan adanya musibah pandemic covid tentu saja ini mempengaruhi dan menghambat proses pembangunan baik yang baru maupun yang sedang berlangsung.

“Setelah melakukan peninjauan langsung ke lokasi, kami melihat semua berjalan sangat baik dan kami apresiasi terhadap studio mini yang merupakan satu satunya se Indonesia, asrama haji ini harus cepat di selesaikan, sehingga fasilitas ini bisa mendatangkan penerimaan Negara lebih dan bisa bermanfaat untuk umat,” ujar Ihsan.

“Atas nama tim kunjungan, kami mengucapkan terimakasih atas sambutannya, semoga diskusi kita dan  kerja kita mendapat Rahmat dari Tuhan Yag Maha Esa, dan semoga kunjungan ini mendapat manfaat bagi jamaah haji pada umumnya.

Senada disampaikan Lisda Hendrajoni yang merupakan pildaerah Sumbar II, “kami berusaha semaksimal mungkin tadi proposal nya sudah diterima tinggal lagi perjuangannya, dan Alhamdulillah bapak ketua merespon sangat bagus karena embarkasi yang baru ini harus dapat dimanfaatkan oleh umat.”

Dalam pertemuan tersebut dilaksanakan penyerahan proposal pembangunan Asrama Haji Kab. Padang Pariaman oleh Kakanwil Kemenag Sumbar kepada Ketua tim anggota Komisi VIII DPR RI. Adapun nama nama anggota Komisi VIII DPR RI yang hadir saat itu yaitu, H. M. Ihsan Yunus selaku ketua tim, Hj. Lisda Hendrajoni, Hj. Anisah Syakur, H. Achmad, dan Hj. Itje Siti Dewi Kuraesin.

Pertemuan tersebut dihadiri juga oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan, Kepala Bidang  di Jajaran Kanwil Kemenag Sumbar, Kakan Kemenag se Sumbar dan seluruh jajaran UPT Asrama Haji Embarkasi Padang. (*) 

Sumber Kemenag Sumbar 
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F