Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua OSIS di SMK-N5 Padang Berakhir, Kandidat 02 Unggul

Baca Juga


MPA, PADANG – Paslon 02 Duet Farhan Hananda Arif dan Wakilnya Seno Setyawan akhirnya terpilih sebagai pengurus OSIS SMK Negeri 5 Padang. Keduanya terpilih melalui  pesta demokrasi  ala sekolah dengan meraih suara unggul dari kandidat paslon 01 Tengku Iman dan wakilnya Ciko.

Layaknya pemilu pada umumnya, Kepala Sekolah SMK-N5 Padang Deta Mahendra, S. Pd, beserta guru dan peserta didik juga seluruh staf maupun pegawai kebersihan sekolah turut memberikan hak pilihnya. Dalam pelaksanaannya, mereka membentuk panitia pemilihan dan membuat bilik sekaligus kotak suaranya.  

Demi lancarnya proses pemilihan ini, panitia membagi TPS menjadi 3 bagian. Tentunya prosesi ini berlangsung seru. Bagi yang sudah memberikan hak pilihnya wajib membubuhkan jarinya dengan cairan tinta yang telah disiapkan panitia. Hal ini untuk menghindari adanya pemilih ganda.

”Pemilihan dengan sistem pemilu ini kita laksanakan guna memberikan pendidikan berdemokrasi dengan cara yang bijak, sekaligus mengenalkan sejak dini tentang tahapan pemilu kepada peserta didik yang ada dilingkungan SMK-N5 Padang,” jelas Kepala SMK-N5 Padang, Deta Mahendra, S. Pd, Senin (9/9/2019).

Deta Mahendra, menambahkan, soal kalah menang itu biasa dalam setiap ajang, disinilah kita mulai belajar untuk legowo/berlapang dada. Selanjutnya, dalam pemilihan tersebut, sekolah menyiapkan beberapa bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat pencoblosan. Untuk melakukan pencoblosan, ratusan peserta didik harus mengantri. Setelah itu mereka pun menuju ke bilik suara untuk mencoblos.

Selanjutnya, setelah selesai mencoblos, surat suara dilipat dan dimasukkan kedalam kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, mereka harus mencelupkan jari tangan kedalam tinta, agar tidak ada yang memilih dua kali, terang kepsek yang akrab disapa Deta.

Di tempat terpisah, pemilihan ketua OSIS ini, diawali dengan proses penjaringan, seleksi, pelaksanaan kampanye dari para kandidat dengan pemaparan visi dan misi mereka, yang dilanjutkan dengan pemberian sosialiasi tata cara pencoblosan,” ujar salah seorang guru SMK N5 yang namanya tidak mau disebutkan.

Dia menuturkan, dari hasil seleksi hanya ada dua kandidat, 01 dan 02, sedangkan untuk surat suara yang disediakan sekitar 1000, sebagai tanda hak pilih dan sudah dibagikan kepada peserta didik yang ada dilingkungan SMK-N5. Setelah semua memberikan hak suaranya, langsung dilanjutkan dengan penghitungan. 

Untuk ketua OSIS terpilih kandidat 02, setelah terpilih sudah tentu akan menjalankan visi dan misi yang telah dipaparkan. Kalau untuk visi, akan menjadikan SMK N5 Padang menjadi sekolah berkualitas, berprestasi, inovatif, bertanggung jawab dan dilandasi oleh iman, terangnya.

(Gusni)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.