-->

Polres Solsel Amankan Tiga Unit Ekskavator dan 35 Galon Solar

Baca Juga



MPA, SOLOK SELATAN - Tim operasi penindakan ilegal mining Polres Solsel amankan tiga unit alat berat jenis ekskavator dan 35 galon solar di lokasi tambang emas ilegal Jorong Alai Talantam, Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, Sangir Batang Hari.

Ketiga ekskavator dan BBM solar tersebut, ditemukan dalam kondisi ditinggalkan oleh pemiliknya. "Operasi penindakan ilegal mining, ilegal loging dan penyalahgunaan BBM subsidi dilaku secara bertahap. Mulai dari pendirian pos pengamanan di wilayah perbatasan Solsel - Dharmasraya hingga penyisiran sejumlah lokasi yang disinyalir tempat aktifitas ilegal mining," kata Kapolres Solsel, AKBP Imam Yulisdianto didampingi Waka Polres, Kompol Edi Warman dan Kasat Reskrim  AKP M.Rosidi pada, Selasa (31/12).

Dia menyebutkan, penyisiran ke sejumlah titik yang diduga sebagai lokasi aktifitas ilegal mining, menyisir medan jalan yang cukup jauh, menantang dan menyeberangi sungai menggunakan perahu tempel (timpek). "Pada operasi di hari ke dua, Jumat (27/12) baru ditemukan tiga alat berat dan 35 galon solar di lokasi tambang emas ilegal yang sudah ditinggalkan oleh penambang di Jorong Alai Talantam Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan," katanya.

Selanjutnya, imbuhnya, di lokasi yang sudah ditinggalkan penambang dan pekerja tambang ilegal itu, juga ditemukan pondok - pondok bekas yang ditinggalkan. Lalu, dirobohkan dan dipasang spanduk imbauan untuk tidak melakukan tambang emas illegal.

Penindakan itu, imbuhnya mendapatkan dukungan masyarakat dan wali Nagari setempat.

"Kemudian, dilanjutkan penyisiran di sekitar lokasi di Talantam, dan tim juga menemukan tiga unit 'bangkai' eskavator dalam kondisi rusak berat atau diperkirakan tidak beroperasi dalam waktu cukup lama yang telah ditinggalkan pemiliknya," sebutnya.

Setelah tim selesai melakukan penyisiran di wilayah Sangir Batang Hari, pada Senin (30/12) dilanjutkan penyisiran di lokasi Pamong Ketek dan Pamong Gadang di jorong Jujutan Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir. "Alhamdulillah tidak ditemukan aktifitas ilegal mining disitu tapi ada bekas aktifitas tambang emas ilegal. Di Pamong Gadang ditemukan pondok-pondok yang ditinggalkan pekerja namun di Pamong Ketek tidak ditemukan. Selanjutnya, akan dilakukan penyelidikan, alat itu pemilik siapa. Dan upaya penegakan hukum," tutupnya.(*)




Dilansir dari harianhaluan.com
Judul  artikel : Sita Ekskavator dan Solar, Polres Solok Selatan Tindak Tegas Illegal Mining

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F