-->

Turun Gunung, Irwan Prayitno 2024 Bertarung di Dapil III Sumatera Utara

Baca Juga

SUMBAR - 1 AGUSTUS 2023 - Gubernur Sumatera Barat dua periode Prof. Dr. H. Irwan Prayitno Datuk Rajo Bandaro, S.Psi., M.Sc akhirnya turun gunung, dan ikut diajang pileg 2024. Irwan maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lewat Daerah Pemilihan (Dapil) III Sumatera Utara (Sumut).

Berdasarkan data yang diperoleh awak media dari berbagai sumber, majunya Irwan Prayitno Gubernur Sumbar dua periode sebagai calon Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) daerah pemilihan (dapil) III Sumut, bukan tanpa alasan.

Penyebabnya, langkah maju di Dapil III Sumatera Utara merupakan keputusan partai. "Saya maju merupakan keputusan partai," kata Irwan Prayitno pada beberapa media online.

Sebenarnya, setelah menjabat Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno atau yang kerap disapa IP ini sudah tidak mau lagi ikut-ikutan dikancah politik lantaran ingin fokus mengabdi pada partainya.

"Saya sudah sampaikan untuk tidak lagi terlibat di pertarungan politik kepada Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sehingga saya diberi posisi ketika itu sebagai Ketua Dewan Pakar DPTP PKS," sebutnya.

Namun, DPTP PKS memutuskan punya kebijakan lain untuk Pemilu 2024. Yaitu, memanggilnya dan mantan kepala daerah lain untuk ikut berkompetisi.

"Jadi, ada keputusan partai untuk memanggil mantan-mantan kepala daerah agar maju di calon legislatif (Caleg). Hal ini guna membantu daerah lain untuk dapat mendulang suara," kata IP.

Lantas, seperti apa sosok mantan Gubernur Sumbar dua periode, yakni 2010-2015 dan 2016-2021, yang turun Gunung dan akan bertarung di pileg dapil III Sumut. Irwan Prayitno adalah seorang psikolog, akademisi, dan politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Beliau juga rektor pertama di Universitas Adzkia Padang. Selain itu, Irwan juga aktif di berbagai organisasi. 

Kalau untuk di Dewan Perwakilan Rakyat. Seperti sama diketahui, kursi DPR RI bagi seorang Irwan Prayitno, sudah tidak asing lagi. Sebab, ia pernah duduk sebagai anggota DPR mewakili Sumbar selama tiga periode hasil pemilu 1999, 2004, dan 2009. (An)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F