-->

Pj Wako Sonny Ajak Gelorakan Semangat Padang Panjang Kota Serambi Mekkah

Baca Juga

PADANG PANJANG - Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si mengajak masyarakatnya agar menggelorakan semangat Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekkah. Di antaranya dengan 

menggiatkan Subuh Mubarakah sekaligus menunaikan salat berjemaah lima waktu di masjid.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan Subuh Mubarakah di Masjid Raya Jihad, Kelurahan Balai-Balai, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), Ahad (26/11).


“Ini menjadi PR bagi kami sebagai Pj Wali Kota. Banyak masukan untuk mengisi Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekkah yang terimplementasi dalam sendi kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.


Sebagai orang yang diamanahi menjadi pemimpin di Padang Panjang saat ini, ujar Sonny, dirinya mesti bisa hadir sebagai suri tauladan. 


“Itu yang berat. Kami menyampaikan kepada Bapak Ibu ASN bisa menjadi contoh. Sebelum mengimbau masyarakat berjemaah di masjid, mulailah menjadi contoh,” tuturnya. 


Dikatakannya lagi, saat dia ke Provinsi Aceh beberapa waktu lalu, ada sejumlah pelajaran yang bisa diserap Kota Padang Panjang, lantaran menyandang gelar yang sama sebagai Serambi Mekkah. Sonny melihat konsistensi salat lima waktu di masjid. Ini mesti bisa diterapkan di Padang Panjang. 


“Penerapan di Aceh, wajib salat lima waktu di masjid, begitu azan, semua aktivitas dihentikan. Ada sesuatu yang baik yang diterapkan. Ini patut ditiru. Salat berjemaah memupuk ukhuwah islamiyah. Silaturahmi terjaga,” ucapnya. 


Lebih lanjut, Sonny mengutarakan terkait Padang Panjang yang akan memperingati Hari Jadi Kota (HJK) ke-233 pada 1 Desember. Sebuah perjalanan yang panjang. Momentum tersebut harus dimaknai agar bisa mengevaluasi kekurangan yang perlu dibenahi. 


“HJK ke-233 bukan hanya peringatan seremonial, tapi ada evaluasi, ada hikmah.

Untuk itu kami dan DPRD komit wujudkan Padang Panjang yang unggul dan sejahtera. Unggul di berbagai bidang pendidikan, ekonomi masyarakat, tingkat kesehatan,” jelasnya.


Adapun penceramah hari itu, Drs. H. Alizar Chan, M.Ag memberikan nasehat guna mengamalkan Islam diseluruh sendi kehidupan. 


Dijelaskannya, terdapat lima fungsi kehadiran Islam di muka bumi. Yaitu memelihara akidah yang benar kepada Allah SWT. Memelihara jiwa atau nyawa dari pertumpahan darah. Memelihara akal dengan tuntunan agama. Memelihara keturunan atau nasab. Serta menjaga harta benda sesuai hak masing-masing. (hr/an)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F