-->

Sidang Paripurna Hari Jadi Kabupaten Solok ke-111, DPRD Akui Prestasi Pemkab

Baca Juga

SUMBAR - Tanggal 9 April 2024, Kabupaten Solok genap berusia 111 tahun. Usia ini cukup matang sebagai Kabupaten yang berdiri pada tahun 1913. Perubahan dan kemajuan yang diraih semakin terlihat jelas semenjak di bawah kepemimpinan Bupati Solok, Epyardi Asda bersama dengan Solok Super Team.

Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Solok ini juga ditandai dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Solok yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Solok, Dodi Hendra didampingi Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir dan Wakil Ketua II Mulyadi bertempat di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Solok, Sabtu (20/4/2024).

Hadir di paripurna Bupati Solok H.Epyardi Asda, Sekda Medison, S.Sos, M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Bupati dan Walikota serta Pimpinan DPRD Se- Sumatera Barat, Juga dihadiri oleh tokoh masyarakat Kabupaten Solok, serta Forkopimda dan masyarakat.


Pada momen itu Ketua DPRD Dodi Hendra, mengatakan, bahwa memperingati hari jadi memiliki makna yang sangat dalam dan penting bagi sejarah Kabupaten Solok, tidak hanya berarti sebagai tanggal yang patut dikenang atau diperingati secara seremonial, tetapi juga lebih penting dari pada itu. Sebab, hari jadi adalah momentum untuk mengukur perkembangan dan perubahan yang telah ditorehkan dari generasi ke generasi.


“Disamping merupakan tonggak sejarah, hari jadi menggambarkan terbentuknya suatu kelompok masyarakat, teritorial wilayah, integrasi masyarakat, juga bagian dari jati diri identitas daerah yang dapat menjadi penentu dalam meningkatkan solidaritas, persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat sekaligus pemerintah sebagai sumber motivasi dan inspirasi masyarakat dalam meningkatkan peran dan tanggung jawab bagi pembangunan daerah baik di masa kini, maupun di masa yang akan datang,” katanya.

Melalui tema ulang tahun yang ke 111 ini “Bersama Solok Super Team 111 Tahun Menuju Kejayaan ” Pemerintah Daerah telah berkomitmen mengembalikan kejayaan Kabupaten Solok yang pernah ada dan program ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dari semua pihak.


Untuk itu, mari secara bersama-sama kita memberikan dukungan terhadap visi dan misi tersebut. Artinya kita semua bertanggung jawab dari fungsi pengawasan,” ucapnya.


DPRD Kabupaten Solok telah melaksanakan berbagai langkah dan upaya untuk mengawal dan memberikan solusi demi terlaksananya program dan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Diantaranya yaitu, melalui penyelenggaraan rapat-rapat bersama Pemerintah Daerah melakukan kunjungan lapangan ke daerah yang ditimpa musibah seperti bencana alam, banjir, tanah longsor dan lain sebagainya.


Kunjungan lapangan juga dilakukan terkait infrastruktur yang belum tuntasnya pekerjaan pada tahun 2023 dan tahun-tahun sebelumnya. Bukan itu saja, dari fungsi legislasi, DPRD Kabupaten Solok periode 2019-2024 bersama Kepala Daerah telah mengesahkan 28 (dua puluh delapan) peraturan daerah yang semuanya mengacu pada kepentingan masyarakat. “Dan untuk tahun 2024 ini kita telah menetapkan sebanyak 14 (empat belas) Program Legislasi Daerah,” jelas Dodi.


Kemudian dari fungsi anggaran untuk hubungan kemitraan khususnya dalam penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, DPRD bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Solok juga telah membahas APBD secara bersama, mulai dari tahapan KUA-PPAS sampai penetapan APBD Tahun 2024. Sesuai dengan visi dan misi Kepala Daerah yang telah memfokuskan pada bidang pertanian, UMKM dan infrastruktur yang berkeadilan, DPRD mendukung sepenuhnya niat baik Kepala Daerah agar bisa terwujud demi sejahteranya dan kemaslahatan seluruh masyarakat Kabupaten Solok.


Diusia yang ke-111, lanjut Dodi, dari segala rintangan dan tantangan yang dihadapi kita melihat dan merasakan sudah banyak keberhasilan pembangunan yang dicapai dan banyak perubahan-perubahan nan sama-sama terjadi.


Kita juga patut berikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Solok saat ini yang memperoleh beberapa prestasi serta penghargaan diantaranya, penurunan angka stunting, penurunan angka kemiskinan, diperolehnya penghargaan Kepala Daerah Inspiratif, Penghargaan tentang Pelayanan Publik dengan nilai tertinggi di Sumbar, untuk Daerah Kabupaten serta Penghargaan tentang Kepatuhan yang telah diberikan Ombudsman, juga banyak lagi prestasi lain yang menjadi bukti keseriusan Pemerintah Daerah dalam upaya memajukan Kabupaten Solok,” Diakuinya.

Pada kesempatan itu, tokoh masyarakat Kabupaten Solok, Asrul Syukur, sangat mengapresiasi kinerja Bupati Solok yang telah meraih berbagai penghargaan, baik dari pemerintah Provinsi dan Pusat. “Ini salah satu bentuk serius Pemkab Solok dibawah naungan Solok Super Team. 

Mari kita pererat hubungan silaturahmi dan menjaga persatuan dan kesatuan Antar sesama Anak Nagari, apalagi Pasca Pemilu Legislatif dan Pilpres. Mari kita kembali fokus membangun nagari kita masing-masing serta juga dewasa menyikapi sebuah perbedaan dengan memaknai arti Demokrasi yang sesungguhnya,” harapnya.


Pada kesempatan itu Bupati Solok, H. Epyardi Asda, mengatakan bahwa, pencapaian dan kebangkitan Kabupaten Solok saat ini yang mengusung tema “Bersama Solok Super Team, 111 Tahun Menuju Kejayaan”, maka telah tertumpu harapan kita semua agar Kabupaten Solok menjadi semakin jaya dengan gelora semangat Solok Super Team dalam mencapai tujuan-tujuan konkret yang telah disusun bersama dan, dengan pasti telah mampu menjawab tantangan-tantangan yang ada di depan mata, menyelesaikan persoalan- persoalan yang melanda juga mencapai prestasi-prestasi yang luar biasa.


Kini kita merayakan Hari Jadi Kabupaten Solok yang ke 111, dalam hal ini kami mohon maaf karena seharusnya acara ini dilaksanakan pada tanggal 9 April, dikarenakan mendekati Idul Fitri kami menundanya,” kata Bupati.


Sebagai Kepala Daerah, sebut Bupati, dalam melaksanakan tugas bersama dengan Solok Super Tim, mungkin masih banyak kesalahan yang kami lakukan tetapi yakinlah kami melaksanakan tugas demi menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat.

Dan, Alhamdulillah sampai saat ini Kabupaten Solok telah mulai bangkit. Ini semua berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik antara eksekutif, dan legislatif. Berkat kerjasama semua pihak, Kabupaten Solok telah banyak menorehkan berbagai macam penghargaan baik dari Ombudsman, Penurunan Stunting, Peningkatan UMKM, Peningkatan Ekonomi bahkan sampai hari ini kita masih bisa merasakan minat wisatawan domestik dan wisatawan Nasional yang berkunjung ke Kabupaten Solok ini,” ucapnya.

Kemudian Bupati juga menyampaikan bahwa, berdasarkan data yang ada. Lebih dari 1 juta orang wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Solok dalam rangka merayakan lebaran Idul Fitri. Selanjutnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada Kabupaten Solok dalam angka 2024 yang telah kita capai antara lain :


Laju Pertumbuhan Ekonomi pada tahun 2023 berada pada angka 4,36%, naik dibandingkan tahun 2022 sebesar 4,28%.


Indeks Pembangunan manusia (IPM) yang merupakan aspek pendukung daya saing daerah, menunjukkan angka yang menggembirakan yaitu, meningkat dari 71,39 pada tahun 2022 menjadi 71,92 pada tahun 2023.


Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) juga naik dari 15.781,14 pada tahun 2022 menjadi 17.316,41 pada tahun 2023. Angka Harapan Hidup juga menjadi salah satu bukti bahwa peningkatan kualitas kesehatan sudah menunjukkan tren positif yaitu naik menjadi 74,14% pada tahun 2023 dari 73,88% pada tahun 2022.


Selain beberapa poin di atas, terdapat beberapa penghargaan yang berhasil kita raih pada tahun 2023, diantaranya yaitu:


Penghargaan berturut-turut pada tahun 2022 dan 2023 dan 2023 dari Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat sebagai predikat tertinggi tingkat Kabupaten di Sumatera Barat terkait Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2023 dengan nilai 95,08 predikat A, dimana angka tersebut jauh meningkat dibanding tahun 2022 dengan nilai 88,73. Meraih hasil rapor Pendidikan terbaik di Sumatera Barat Tahun 2023.


Penghargaan dari BKKBN RI Perwakilan Sumatera Barat Barat atas Pencapaian Penurunan Angka Stunting.


Penghargaan dan penobatan kepada Bupati dan Ketua TP-PKK sebagai Duta Orang Tua Hebat oleh BKKBN Pusat atas capaian Penurunan Angka Stunting yang signifikan.


Penghargaan Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 kategori baik dalam penerapan Sistem Merit dan kualitas pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dari Komisi Aparatur Sipil Negara.


Penobatan sebagai daerah dengan Survei Penilaian Integritas (SPI) tertinggi di Sumatera Barat Tahun 2023.


Penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil, dan lain sebagianya. **

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F