-->

Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Latihan, Sumbar Sedang Proses "finising" SK-TKVD

Baca Juga

PADANG - 29 OKTOBER 2023 - Revitalisasi pendidikan vokasi dilakukan untuk menyiapkan tenaga kerja yang berdaya saing, terampil, bermutu, dan relevan sesuai tuntutan dunia kerja yang terus berkembang. 

Berdasarkan perpres 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan pelatihan Vokasi yang mengamanatkan pembentukan Tim Kordinasi Vokasi Daerah (TKVD) yang melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Untuk Sumatera Barat (Sumbar) sedang proses "finising" SK-TKVD dan pergub tentang pendidikan dan latihan vokasi. Hal ini disampaikan oleh Sekda Provinsi Sumbar Drs. H. Hansastri, Ak., M.M., CFrA, usai Presiden RI Joko Widodo, berkunjung ke SMK-N 5 Padang.


Sebagai Ketua TKVD, Hansastri akan melakukan kordinasi dengan semua unsur terkait supaya lendidikan dan pelatihan vokasi berjalan dengan baik sehingga akan terwujud tenaga kerja yang kompeten, baik itu yang berasal dari perguruan tinggi vokasi dan Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK) serta Balai Latihan Kerja (BLK). " Targetnya akan tercipta 100.000 lebih usahawan/enterpreneur, pekerja yang progesioanal untuk bekerja baik dalam dan luar negeri," ujar  Sekda Hansastri.


Sementara, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dr. Ariswan, S.Ag, M.Pd, mewakili kepala dinas pendidikan Sumbar menyampaikan bahwa, perhatian pemerintah terhadap SMK sudah sangat luar biasa. Mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), gedung, peralatan yang standar industri, "Link.and.mact" dibangun dalam dan luar negeri. Bukan itu saja, termasuk merangkul semua unsur untuk melakukan pergerakan bersama mewujudkan pendidikan dan latihan vokasi. 


Dukungan Pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumbar, sangat terasa nyata sekali melalui anggaran yang dituangkan dalam dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumbar, ungkapnya. (An)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F