-->

Sambut Idul Fitri 2024, Kadis BMCKTR Sumbar Era Sukma Munaf : Kita Beri Layanan Terbaik pada Masyarakat

Baca Juga

SUMBAR - 30 MARET 2024 - Tidak heran jika Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Barat (BMCKTR-Sumbar) berhasil meraih sejumlah pencapaian yang sangat signifikan dari sisi pembangunan infrastruktur jalan. Siapa lagi Kadisnya kalau bukan Era Sukma Munaf yang sudah bertahun tahun menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR dibeberapa Kabupaten dan Provinsi yang ada di Sumbar.


Era Sukma Munaf dikalangan pemerintahan maupun rekan rekan kerjanya dalam memajukan pembangunan infrastruktur di semua Kab/kota Provinsi Sumbar, memang tidak diragukan lagi. Dirinya dikenal pamong yang mampu memenek persoalan, baik secara internal maupun eksternal. Hal itu bukan saja isapan jempol semata, dilingkungan para pegawainya, Era Sukma Munaf merupakan sosok pekerja keras dan profesional dibidangnya.


Sebagai Kepala Dinas di BMCKTR Sumbar, Pria paruh baya berperawakan sedang ini dalam bekerja memang tak pernah mengenal lelah. Sepanjang harinya, selalu mengedepankan kebersamaan, keterbukaan dan ketelitian bahkan, cepat tanggap dalam berbagai persoalan baik yang terjadi di internalnya maupun eksternal.

Menurut sosok yang akrab disapa Era Sukma saat bincang-bincang dengan awak media, mengabdi kepada negara harus totalitas dan diwujudkan dalam bekerja dengan etos kerja yang baik dan proporsional. Inilah yang membedakan Era Sukma dengan sosok pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Sumbar. Dirinya tak ingin bermain-main dalam amanah. Selain itu, dirinya juga selalu menjaga kepercayaan publik.

Bagi Era Sukma, membangun lebih banyak lagi infrastruktur berkualitas di Provinsi Sumbar, yang smart dan ramah lingkungan, serta membuka akses dan meningkatkan keterhubungan antar wilayah – antar daerah juga meningkatkan efisiensi dan produktivitas untuk mewujudkan Sumbar makin lebih maju adalah prioritas utamanya.


Menurutnya , ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian yaitu , kualitas infrastruktur di Sumbar harus benar-benar ditingkatkan, mulai dari tahap perencanaan, pelelangan, hingga pelaksanaan. Selanjutnya, pembangunan infrastruktur harus lebih memperhatikan keberlanjutan lingkungan dengan mengikuti kaidah-kaidah green infrastructure.


Begitu juga terhadap pekerja, dimana harus sesuai dengan Corporate Culture PUPR, yaitu bekerja keras, bergerak Cepat, dan bertindak tepat dalam melaksanakan pembangunan Infrastruktur. Bagi Era Sukma, semua pekerjaan itu musti dilakukannya dengan rasa syukur dan ikhlas. Amanah adalah sesuatu yang harus dijalankan dengan baik tanpa meninggalkan tanggungjawab, dan harus dikerjakan tanpa harus perlu dilihat orang lain atau pimpinan. Jika prinsip ini dipakai maka, semua pekerjaan pasti bisa dilaksanakan dengan baik dan profesional.


Seperti diketahui, bahwa untuk percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di kabupaten/ kota di Sumatera Barat agar tetap berlanjut, tentunya Dinas PUPR akan terus membahasnya dengan lembaga terkait, terutama dengan Kementerian PUPR.


”Kita selalu mendiskusikan tentang apa apa saja program yang bisa dibawa ke Sumbar. Kita temui Menteri dan Dirjend Perumahan Kementrian PUPR. Dan kita akan terus bangun jalan-jalan provinsi, dan percepatan pembangunannya dengan mengutamakan akses yang baik dan lancar karena sangat dibutuhkan masyarakat untuk penigkatan perekonomian mereka,” ujar Era Sukma.


Era Sukma juga menyampaikan bahwa, bila terjadi kerusakan pada jalan Provinsi di wilayah kerjanya. adapun penyebabnya adalah faktor alam seperti hujan yang berkepanjangan sehingga terkadang terjadinya longsor.


“Ruas jalan yang berada dikawasan pinggiran perbukitan apabila longsor, akan mengakibatkan tertimbunnya sebagian ruas jalan Provinsi, atau bisa juga sebagian ruas jalan mengalami longsor atau ambruk. Sedangkan beberapa ruas jalan Propinsi, seperti jalan Kota Sawahlunto, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten 50 kota, sebagian jalurnya melewati kawasan perbukitan”, sebutnya.


Apabila musim hujan berakhir, biasanya kondisi kerusakan jalan tersebut akan terbagi dua. Seperti kerusakan dengan kondisi 15 persen hingga 25 parsen, yang dengan pelaksanaan ditangani langsung dengan sistem Swakelola Dinas PUPR.


Sedangkan apabila kondisi kerusakan jalannya berada di atas 50 parsen maka akan dilakukan bentuk peningkatan yang dilaksanakan oleh pihak ke tiga yang anggarannya dari APBN. Seperti ruas jalan Ombilin ke Rambatan, jalan Batu Sangkar ke Simpang Piladang Kabupaten 50 kota.


Untuk sekarang ini yang masih dalam musim penghujan, kita sangat mengharapkan kepada masyarakat agar bersabar dan berhati – hati setiap melewati jalan dengan kondisi kerusakan diatas 50 persen. Meskipun demikian kita bersama UPTD Kabupaten Dinas PUPR Provinsi Sumbar, tetap akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, ujarnya.


“Kita akan tetap memberikan pelayanan terbaik pada seluruh masyarakat yang melewati ruas jalan di Provinsi Sumbar, apalagi menjelang mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 ini, tentu akan banyak dunsanak kita yang bakal pulang mudik kampung “, ungkapnya.


“Sekarang ini, semua UPTD Dinas PUPR Propinsi Sumbar yang berada di Kota dan Kabupaten sedang melaksanakan kegiatan perbaikan ruas jalan. Seperti jalan dari simpang Sikabau ke Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, jalan Muaro Sijunjung sampai Nagari Simancung Kabupaten Sijunjung, jalan Guguk Cino kota Sawahlunto, jalan Kubu Kerambie ke Padang Panjang serta jalan Simpang Baso ke Batu Sangkar Kabupaten Tanah Datar. Upaya cepat tersebut dilakukan adalah dalam rangka menyambut mudik lebaran hari Raya Idul Fitri 1445 H”, ujar Era Sukma Munaf.  (Moudy)


[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F