-->

Puskesmas Andalas Berhasil Raih Akreditasi Paripurna, Weni Fitria Nuzulis Ucapkan Alhamdulillah

Baca Juga

PADANG - Puskesmas Andalas yang berada di Jalan Andalas berhasil meraih akreditasi paripurna di tahun 2023. Hal tersebut diungkap oleh Kepala Puskesmas Andalas, Weni Fitria Nuzulis saat diwawancarai awak, Sabtu (26/8/2023).

Weni menjelaskan terdapat lima bab instrumen akreditasi yang dijadikan pedoman yaitu  kepemimpinan dan manajemen puskesmas, upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan, program prioritas  nasional dan mutu puskesmas.


"Jadi lima bab itu yang disiapkan, mulai dari regulasi, dokumen, observasi, wawancara dan simulasi," kata Weni.


Ia menyebutkan, penilaian tim survei akreditasi dilaksanakan pada 31 Juli dengan pertemuan awal secara dalam jaringan, dilanjutkan pada 3-4 Agustus secara tatap muka.


"Puskesmas Andalas merupakan puskesmas pertama yang dinilai di Kota Padang untuk reakreditasi di tahun 2023," lanjutnya.


Ia menuturkan, dengan reakreditasi dapat menggambarkan kegiatan di puskesmas, baik di  dalam gedung ataupun di luar gedung agar berjalan sesuai regulasi dan aturan. Sehingga dilaksanakan sesuai dengan mutu dan menjamin keselamatan pasien yang didukung dengan kepemimpinan manajemen  puskesmas yang baik. 


Disebutkannya, untuk meraih akreditasi paripurna dibutuhkan usaha maksimal. Mulai dari pencanangan, kegiatan, hingga evaluasi.


"Sebelumnya, instrumen akreditasi itu ada tiga bab, namun sekarang lima bab. Maka dari itu kita sudah berproses sejak tahun 2022. Apa yang dibuat harus diterapkan, kita juga sudah mensosialisasikan kepada semua pihak di bawah lingkungan kerja Puskesmas Andalas, mulai dari petugas keamanan, cleaning service dan tenaga kesehatan," sambungnya.


Weni mengucap rasa syukur atas diraihya akreditasi paripurna. Pihaknya akan terus mengupayakan apa yang diraih bisa terus dilanjutkan. Sehingga pasien merasa nyaman dan mendapatkan pelayanan yang bermutu dari Puskesmas Andalas.


"Alhamdulilah atas diraihnya paripurna ini, semoga ini menjadi pembuka jalan bagi puskesmas yang ada di  Padang. Diraihnya akreditasi ini menjadi tantangan untuk bagaimana mempertahankan apa yang diraih, sebab penilaian akreditasi ini  lima tahun sekali, namun Kemenkes dalam  waktu dekat bisa saja mengevaluasi kembali," terangnya.


Sambungnya, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada stakeholder terkait yang telah mendukung Puskesmas Andalas dalam meraih akreditasi paripurna.


"Alhamdulillah dengan pencapaian ini,  sehingga rasa letih dan lelah kami terbayarkan, Puskesmas Andalas merupakan puskesmas percontohan di  Kota Padang. Harus berusaha secara maksimal supaya tercapai akreditasi paripurna," tutupnya.


Diketahui bahwa sebelum meraih akreditasi paripurna, akreditasi Puskesmas Andalas berada di kategori madya. (MA/Charlie)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F